Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Pengenalan Microsoft Office Word 2007

Ms.Word 2007 merupakan versi lanjutan dari versi sebelumnya. Memang tidak begitu banyak perubahan yang signifikan dari ms.word 2007 ke ms.word 2010. Tidak seperti perubahan dari ms.word 2003 ke 2007.

Terdapat beberapa fitur baru pada versi ini. Diantaranya adalah adanya fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan berbagai fasilitas lainnya. Mungkin bagi yang baru bermigrasi ke ms.word 2007, memang agak terasa asing karena terdapat perubahan tampilan windows, tetapi dengan sedikit penyesuaian maka selanjutnya anda akan merasakan kelebihan dari tampilan Microsoft Word 2007 ini. Oh iya perbedaan lain yang harus diperhatikan saat bermigrasi ke ms.word 2007 adalah ekstensi file yang nanti akan digunakan. Ms.Word 2007 akan menggunakan ekstensi file *.docx. Berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan ekstensi file *.doc. Hal ini dapat menjadi masalah apabila kita membuka file *.docx pada aplikasi microsoft office word di bawah versi 2007, misalnya saja 2003. Mau tidak mau solusi yang saya sarankan adalah dengan melakukan save as menjadi 'word 97-2003 document', maka ekstensi file yang dihasilkan adalah *.doc.

Nah, berikut saya jelaskan beberapa tools dan fitur pada lembar kerja ms.word 2007. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan ms.word 2007 ini, karena caranya memang sama seperti versi sebelumnya yaitu melalui start menu atau pada shortcut. 
Pada windows Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) :
- Office Button
- Quick Access Toolbar
- Title Bar
- Tabmenu Ribbon
- Ribbon
- Status Bar
- Horizontal Scroll Bar
- Vertical Scroll Bar
- Document Area
   

- Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Word 2007
1. Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.



2. Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.



3. Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.


4. Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.




5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil .


6. Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.



7. Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.


8. Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan ribbon menu yang tampil.


9. Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan ribbon menu yang tampil.

2 komentar:

  1. Apa perbedaan Microsoft Office 2007 dan 2010???

    BalasHapus
  2. trmaksih ats prtanyaannya, Oke,, aku akan jawab sebisaku..
    *untuk office 2007, bagian kiri atas ribbon berbentuk bulat.. tapi,, office 2010, jika diklik akan berbentuk backstage. tampilannya memuaskan' juga.
    *di office 2007, kamu pasti tahu, publisher, infopath, dan lainnya, ribon tampilannya seperti office 2003, tapi di office 2010, kamu pasti tidak menyangka,, tampilan ribbonnya sama seperti word 2007,
    *untuk office 2010, kamu bisa mengedit ribbon di setiap tab, tapi untuk 2007, tidak bisa
    *yang aku tahu,,ms groove diubah menjadi ms sharepoint workshop
    *di ms word, home-font, ada toolbar baru, yaitu "text effect". di office 2007, toolbar itu hanya terdapat di power point, sekarang, ditambahkan juga di word. bisa style huruf seperti outline, shadow, reflection, dan glow. pokoknya,, kata-kata akan lebih menarik dilihat jika ditambahkan text effect.
    *di ms word, insert-illustration, ada toolbar baru, yaitu screenshot, screenshot adalah pengambilan gambar di luar microsoft office,, sesuai keinginan.
    *serunya di ms excel, kamu bisa membuat chart di setiap satu sel, saking kecilnya,, kamu bisa mengeditnya.
    *tampilan sempurna di ms powerpoint, animation, dan transitionnya lebih menarik dan kelihatan modern semuanya,
    *jika kamu mendownload, ada 2 offce baru, yaitu
    MICROSOFT OFFICE VISIO: yaitu program untuk membuat diagram, jadi, semua tentang diagram ada disitu,,
    MICROSOFT OFFICE PROJECT: yang aku tahu,,program ini untuk membuat proyek,,
    *saat membuka microsoft office, loadingnya menjadi lebih cepat.. dan animasi saat loading.
    *ms beta ini masih tahap percobaan,, mungkin sekitar bulan juni, full release akan keluar..

    ((maaf kalo ada kata-kata dan informasi yang salah))

    BalasHapus